Rabu, 15 Juni 2016

( KEBEBASAN YANG BERARTI ) MELEPAS KURA-KURA DAN IKAN KE SUNGAI UNTUK MENGEMBALIKAN EKOSISTEM


WONOGIRI, KOMPAS.com -  Warga Desa Dawungan, Jatiroto, Wonogiri, Jawa Tengah, melepas ribuan ekor ikan dan kura-kura dilepas ke Sungai Tempuran, Rabu (11/11/2015).

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak sepulang sekolah pun turut diajak dalam aksi peduli sungai tersebut.

Aksi peduli sungai dengan melepas ikan dan kura-kura tersebut menjadi simbol komitmen warga desa untuk menjaga kelestarian sungai untuk anak cucu mereka.

Warga desa merasa prihatin akan sedimentasi Sungai Tempuran yang semakin lama semakin parah.

Selain itu, banyaknya aktivitas warga yang bercocok tanam di tepian sungai saat musim kemarau, membuat sungai semakin sempit.

Hal ini mengakibatkan bencana banjir mengancam warga desa saat musim hujan tiba, akibat daya tampung sungai yang semakin berkurang.

Perwakilan warga desa, Agus Dody, menjelaskan aksi melepas 1,000 ekor kura-kura hijau serta 20.000 ekor ikan lele dan ikan mas, adalah ajakan bagi warga desa untuk lebih peduli dengan Sungai Tempuran.

"Kondisi Sungai Tempuran yang bermuara di Waduk Gajah Mungkur saat ini sudah tergolong parah. Sedimentasinya luar biasa. Banyak warga yang menanam di bantaran sungai saat kemarau, menjadi salah satu penyebabnya. Untuk itu, kita ajak warga untuk lebih peduli dan potensi bahaya apabila sungai menjadi dangkal," kata Agus kepada wartawan, Rabu (11/11/2015).

Agus menambahkan, tidak hanya menyebar ikan dan kura kura, namun warga desa juga menerbitkan peraturan  (Perdes) yang didukung Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa.

"Perdes tersebut adalah 10 peraturan yang mengatur tentang pengendalian dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan di desa Dawungan dan sekitarnya," tambah dia.

Sementara itu, salah seorang warga bernama Yanti Safitri (12), mengaku senang bisa melepas kura kura ke sungai.

Yanti bersama teman temannya berharap kura-kura dan ikan yang baru saja dilepas bisa terus hidup di sungai. "Senang, dan semoga bisa terus hidup di sungai ikan ikannya," katanya. 


SUMBER: KOMPAS.COM

Tidak ada komentar: